Konsultasi Penyakit dengan Blog tanpa ke Dokter, Tepatkah?

Akhir-akhir ini banyak dijumpai fenomena tanya dokter melalui mesin pencarian. Kegiatan tersebut dikenal dengan browsing. Terkadang keingintahuan seseorang terhadap gejala suatu penyakit yang mungkin saja dialaminya saat itu menjadikan blog sebagai pilihan. Tinggal ketik saja gejala yang kamu alami dan klik cari maka akan muncul beberapa situs untuk dikunjungi.

Tak jarang, seseorang yang mengalami gejala suatu penyakit gegabah dalam diagnosa dirinya sendiri. Hanya karena gejala yang dialaminya sama dengan apa yang tertulis di artikel yang ia baca, ia langsung diagnosa dirinya terkena suatu penyakit ini dan itu. Salah kaprahnya lagi mereka mengabaikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mencari penyelesaian masalah sendiri.

Self-Diagnose Dapat Menyebabkan Kepanikan

Setelah mengetahui bahwa gejala yang dialami sama dengan ciri-ciri yang disebutkan, maka dengan spontan seseorang akan mendiagnosa dirinya sendiri. Diagnosa yang dilakukan merupakan efek dari melebih-lebihkan gejala yang dialami sedangkan yang dirasakan tidak begitu sama. Hal ini akan menimbulkan kepanikan bila penyakit yang didiagnosa tersebut merupakan penyakit yang berat.

Yang dikhawatirkan adalah diagnosa tanpa dokter tersebut menjadikan kepanikan yang berujung depresi. Selain itu penanganan yang tidak tepat bisa saja terjadi dan dapat mengakibatkan salah dosis dan sebagainya. Masalah lainnya yakni penyakit yang didiagnosa ringan namun sebenarnya berat. Hal ini berlaku bagi orang yang memang sering mengabaikan masalah kesehatan.

Berkonsultasi ke dokter adalah cara yang terbaik untuk menanyakan mengenai masalah kesehatan. Sekarang banyak aplikasi tanya dokter yang tersedia gratis maupun berbayar. Selain tanya dokter, sekarang juga telah tersedia apotek online seperti https://www.goapotik.com/produk/psidii-60-ml-sirup yang menyediakan banyak obat dari beberapa apotek.

Bijak dalam Berselancar

Cara yang dapat Anda lakukan agar tidak gegabah dalam mendiagnosis diri sendiri yakni dengan bijak dalam berselancar di dunia maya. Beberapa blog kesehatan boleh saja dikunjungi, namun jangan sampai mendiagnosa secara yakin, tetap konsultasikan dengan dokter yang memang sudah ahli di bidangnya. Meski Anda harus mengeluarkan biaya, tetapi ini adalah usaha Anda untuk diri sendiri.

Jadilah orang yang bijak agar menjadi orang yang selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *