TEMPAT WISATA GUNUNG ANDONG YANG COCOK UNTUK PENDAKI PEMULA

Tempat Wisata Gunung Andong ialah satu pegunungan yang bertipe perisai yang ada di antara lokasi Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tentunya Gunung Andong ini tidak pernah memiliki kegiatan meletus jadi aman untuk mendaki ditambah lagi untuk pemula. Gunung ini yang terdapat diantara daerah Ngablak serta Tlogorjo, Grabag serta mempunyai ketinggian kira-kira 1.731 mdpl. Untuk sampai puncaknya pasti tidak memerlukan waktu yang lama serta cuma memerlukan kira-kira 2-3 jam saja. Itu untuk kemampuan fisik yang konstan. Serta beberapa pendaki tak perlu membawa perlengkapan pendakian yang berlebihan. Gunung Andong ini tentu saja adalah satu diantara gunung yang memutari daerah Magelang serta berdampingan dengan satu Gunung Telomoyo yang ada di perbatasan lokasi Salatiga, Semarang serta Magelang.

Gunung Andong ini tentu saja makin diketahui warga luas, tidak cuma beberapa pendaki lokal saja dan juga traveller di luar daerah. Makin ramainya serta popular Gunung Andong ini serta banyak yang tertarik dengan kegiatan mendaki. Tentunya makin banyak beberapa nama gunung yang jadi popular misalnya seperti Gunung Andong ini. Untuk saat ini banyak gunung-gunung yang dipandang notabene kecil atau dapat disebut menjadi bukit. Serta jadi arah empuk untuk menanjakan kaki buat beberapa pendaki yang suka dengan ketinggian. Meskipun banyak yang telah dengar mengenai Gunung Andong ini tapi tentu saja banyak yang tidak tahu mengenai riwayat Gunung Andong ini.

Mempunyai jalan pendakian yang aman tentu saja serta gampang hingga begitu mempermudah beberapa pendaki. Meskipun pada jalan basecamp sampai pucuk dapat juga disebutkan minim jalan landai atau selalu naik. Tapi jalan ini disebutkan begitu nyaman serta tidaklah terlalu panjang untuk pendaki pemula. Gunung Andong ini mempunyai ketinggian yang tidaklah terlalu berlebihan hingga tidaklah terlalu kuras tenaga buat beberapa pendaki. Untuk jalan pendakian yang begitu gampang dicapai dengan kendaraan dapat melalui satu lokasi dengan wisata Kopeng, Salatiga. Untuk jalan ini dapat disebutkan begitu gampang sebab selama jalan mempunyai medan yang cuma berupa tangga yang telah dibikin dari bebatuan. Dan diperlengkapi dengan beberapa bambu. Pada titik-titik berlebihan jalan ini tentunya tidak ada. Beberapa pendaki tak perlu cemas bila ingin tersesat sebab banyak panduan untuk ke arah puncaknya. Untuk perjalanan nya juga diperlengkapi dengan dua pos yang dapat jadikan untuk beristirahat atau berteduh buat beberapa pendaki.

Gunung Andong ini meskipun mempunyai ketinggian yang tidak sebegitu tapi mempunyai panorama yang tidak kalah indah serta memikat. Pendaki bisa nikmati panorama seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing serta Gunung Telomoyo. Hamparan yang diberikan seperti Kota Magelang serta Salatiga yang dari terlalu jauh terlihat indah serta ditambah lagi bila malam. Dengan panorama lampu kota yang prima sekalian nikmati secangkir kopi panas yang pasti mempunyai kombinasi yang nikmat.

Yang paling spesial dari Gunung Andong tidak hanya panorama serta ketinggian yang pas untuk pendaki pemula. Yakni terdapatnya warung yang ada di Pucuk. Jadi beberapa pendaki tak perlu membawa logistik yang banyak sebab telah ada warung yang sedia minuman dan makanan hangat. Seperti Teh, Kopi, Gorengan, Mie Instant serta Nasi Pecel. Tentunya harga nya termasuk standard untuk wisata Gunung Andong. Gunung Andong ini mempunyai Sumber Air untuk persediaan keperluan inti untuk pendaki. Pada jalan yang ada di dalam perjalanan pada pos dua dna pucuk, tentu saja berada di samping jalan yang akan didapati pendaki. Ada satu pancuran air jernih yang dapat di gunakan menjadi isi lagi air minum. Meskipun tidak ada pada puncaknya tapi kehadiran pancuran air ini begitu berguna buat beberapa pendaki. Arti “Tektok” yang dipakai beberapa pendaki ialah naik serta turun gunung dalam tempo satu hari. Gunung Andong ini pas untuk “Tektok” hanya karena mempunyai waktu 2 jam saja untuk turun naik gunung. Serta banyak yang dikerjakan oleh beberapa pendaki yang seringkali naik gunung tentunya. Gunung Andong ini mempunyai harga ticket masuk yang cukuplah dapat dijangkau yaitu cuma Rp.5000 saja. Cukup dengan menulis data yang berisi rincian anggota pendakian, nomer telephone serta alamat saja. Serta beberapa pendaki diharuskan untuk lapor terlebih dulu di Basecamp Taruna Jaya Giri bila pendaki melalui jalan Dusun Sawit.

SEJARAH GUNUNG ANDONG Tentu saja semua obyek wisata tentu mempunyai riwayat serta asal mula nya jadi Gunung Andong mempunyai riwayat. Nama Gunung Andong ini datang dari nama satu daun yang seringkali dimaksud dengan Daun Andong. Menurut keyakinan Jawa tentu saja Daun Andong ini adalah satu diantara daun yang di per-syaratkan dalam acara ritual Jawa. Terutamanya seperti acara Selametan atau Sealamatan. Untuk Daun Andong ini dipakai uborampe atau ketentuan dalam ritual upacara tradisi Jawa. Tentu saja menjadi lambang keselamatan serta perlindungan dari Sawan atau arti celaka yang dapat hadir menerpa seorang. Daun ini mempunyai arti atau pengertian andongnoo atau berdoa pada Tuhan YME. Sebelum Gunung Andong ini populer warga seputar memandang gunung keramat. Jadi tidak sembarangan orang berani untuk mendaki Gunung Andong ini. Konon ada juga narasi tentang ada orang yang naik ke gunung ini umumnya tidak kembali turun. Entahlah narasi ini diakui oleh warga sekelilingnya. Gunung Andong ini tempat orang tengah tirakat atau semedi untuk meminta keselamatan, arah lain atau kelancaran hidup. Pasti cuma orang yang tengah melakukan lakon atau ritual tersendiri yang berani untuk mendaki gunung andong ini. satu diantara tempat sebagai tempat semedi yaitu Makam Ki Joko Pekik yang ada di pucuk Gunung Andong.

Tidak hanya makan ada satu batu yang dipandang keramat oleh warga seputar yaitu Watu Pertapan. Banyak juga tempat yang lain yang dipandang keramat yakni ada Watu Pocong, watu Wayang atau pucuk alap-alap. Tapi untuk saat ini nuansa keramat atau horor di Gunung Andong ini dikit menyusut sebab tiap akhir minggu telah ramai beberapa pendaki. Tentu saja kita menjadi traveller harus menghargai kearifan lokal serta mengawasi keindahan Gunung manakah juga dengan tidak buang sampah asal-asalan, atau tinggalkan sisa tidak hanya jejak seperti coretan-coretan.
LARANGAN KETIKA MENDAKI GUNUNG ANDONG Beberapa gunung memang banyak yang di keramatkan oleh warga seputar seperti Gunung Andong ini. Pantangan pertama ialah pendaki tidak bisa bermesraan saat ada di Gunung ini. Tentu saja berlaku buat siapapun baik itu di tenda atau di perjalanan. Kenapa? Sebab tindakan itu tanpa ada ikatan sah juga dilarang oleh agama. Dari insiden ini beberapa pendaki yang telah mengerjakannya alami kemuculan makhluk gaib yang minta untuk menghentikannya. Biasa banyak muncul dengan bentuk anak kecil atau semacamnya. Bahkan juga ada pula yang dinanti sampai pagi oleh makhluk gaib itu. situasi ini membuat beberapa pendaki makin tidak nyaman.

Pada pantangan ke-2 ini pendaki dilarang untuk megotori sumber mata air yang persisnya ada di Pos Watu Gambir. Meskipun sumber mata air ini belum pernah jadi kering pada musim kemarau cuma debet airnya saja yang menyusut. Bahkan juga bila lakukan pantangan itu makan siapapun akan alami nasib jelek.

Pantangan ke-3 buat beberapa pendaki ialah bicara kotor atau bicara seenaknya saja. Tentunya banyak beberapa penunggu gunung ini tidak menyenanginya. Karena itu beberapa pendaki jangan pernah ceroboh supaya tidak tertimpa beberapa hal jelek yang lain.

Facebook

Prev Article Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *